Software Nutriclin 3.0

Piranti lunak NutriClin dirancang untuk pertama kali pada awal tahun 2003. Perancangan dasar dilakukan pertama kali oleh salah seorang staf teknis Subdit Gizi Klinis, Ir Eman Sumarna MSc, yang selanjutnya dibahas dalam pertemuan Tim Pakar, meliputi kelompok-kelompok:
1. Ahli gizi/Dietisien (PERSAGI/AsDI),
2. Dokter spesialis penyakit dalam (PAPDI),
3. Dokter spesialis anak (IDAI),
4. Dokter Gizi Medik (PDGMI),
5. Penyelenggara klinik konsultasi gizi rumah sakit (RSCM dan RSUD Pasar Rebo),
6. Penyelenggara pendidikan tinggi (Poltekkes Jurusan Gizi Jakarta, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan SEAMEO Tropmed RCCN Universitas Indonesia),
7. Unsur-unsur unit kerja lingkup Depkes (Puslitbang Gizi dan Makanan, Ditjen Yanmedik, serta perwakilan tiap Subdirektorat di Direktorat Gizi Masyarakat).

Piranti lunak ini bersifat dinamis, terbuka untuk menerima setiap perkembangan, dan dirancang agar dapat bersifat “user friendly”.  Tidak tertutup kemungkinan piranti lunak ini akan diperbaharui secara periodik, sesuai dengan sifat ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Disadari sepenuhnya oleh para kontributor bahwa tidak mungkin seluruh aspek dalam penyelenggaraan konseling gizi itu dapat dikomputerisasikan. Penentuan jenis diet dan kategori aktivitas misalnya, masih di bawah kendali penuh ahli gizi atau konselor. Dengan demikian, piranti lunak ini dirancang bukan untuk menggantikan peran ahli gizi, melainkan sebagai alat bantu untuk meningkatkan profesionalisme para ahli gizi. Oleh karena itu pula, jika para calon pengguna ingin menggunakan NutriClin di tempat kerjanya, harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

OPERASIONAL PROGRAM
Instalasi NutriClin
File instalasi NutriClin berada dalam sekeping CD-ROM. Untuk menjalankannya harus melalui proses instalasi, diperlukan perangkat keras komputer yang memerlukan spesifikasi sistem operasi dan konfigurasi hardware tertentu dengan prinsip “lebih tinggi akan lebih baik”, seperti:
Windows versi 95, 98, Me, NT, 2000, atau Xp.
Processor : minimum Intel  Pentium II.
Resolusi monitor minimum 800 x 600.
RAM 128 MB,  Kapasitas sisa hard-disk minimum sekitar 40 MB.
Card VGA minimum 4 MB.
Printer, sebaiknya berwarna dengan resolusi dan kecepatan tinggi.
Diharapkan sebelum menggunakan NutriClin  petugas gizi telah memahami sistem operasi Windows secara garis besar, dan mampu mengoperasikan MS Office.

Menjalankan Program
Pengguna NutriClin haruslah seorang konselor gizi/dietetic yang mengerti kaidah-kaidah dietetik dan mengerti langkah-langkah pokok konseling gizi.
Dalam menjalankan program ini, sebaiknya pemakai mengikuti urutan langkah yang telah ditetapkan. Demikian juga tatacara pengisian atau “entry” data harus mengikuti aturan yang sudah disusun.  Misalnya, untuk entry data tertentu harus menggunakan tombol “Enter” agar terbaca oleh sistem; kalau dengan mouse data tersebut tidak terekam.
Begitu pula pada saat mengisi data di menu Konseling, pengisian format harus berurut mulai dari Kajian Gizi, Anamnesa Diet, Data Lab Pasien, Kajian Diet, Jenis Diet, dan Pembagian Menu Sehari. Jika tidak berurutan akan mengacaukan kesimpulan pada hasil kajian gizi.
Tersedia fasilitas “password” dan “log name” jika konselor lebih dari seorang.

Harapan
1) Penggunaan aplikasi NutriClin dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses konseling gizi sehingga dapat berdampak terhadap peningkatan kinerja para ahli gizi.
2) Penggunaan aplikasi NutriClin sebagai salah satu bagian dalam pelayanan gizi, akan meningkatkan citra profesionalisme para ahli gizi dalam pelayanan gizi. Perlu dijajaki kemungkinan pembelajaran piranti lunak ini bagi mahasiswa Jurusan Gizi atau yang setara.
3) Program aplikasi NutriClin perlu terus dikembangkan agar menjadi piranti lunak untuk konseling gizi yang lengkap di rumah sakit dan klinik-klinik gizi di Indonesia.
4) Dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, sehingga mungkin dapat lebih meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan pasien di rumah sakit.

NutriClin
Konsep asli oleh Ir. Eman Sumarna, MSc., Subdit Gizi Klinis, Direktorat Gizi Masyarakat – Depkes RI.
Pengembang pertama kali oleh Udjang, S. Kom. dan team, PT. Citra Inti Solusi.

Nutriclin 3.0 dapat di Download disini

Panduan Nutriclin dapat di download disini

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: